Toyota Sudah Pasarkan 9.964 Unit Mobil Listrik dan akan meningkat di 2023

by -542 Views
Foto: dok. Toyota Astra Motor dicopi dari (Detikcom)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Bagi anda yang menyukai dunia otomotif, berikut informasi terbaru mengenal kebijakan Toyota. Iya Toyota bisa dibilang menjadi salah satu pabrikan otomotif yang terus berinovasi dalam mengembangkan mobil masa depan.

Termasuk yang saat ini menjadi tipe mobil ramah lingkungan yang tengah menjadi buah bibir masyarakat yaitu mobil listrik atau elektrifikasi.

Sebenarnya Toyota bisa dikatakan pemain lama dalam segmen mobil listrik.

Melalui strategi MultiPathway, Toyota berupaya menghadirkan kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi ramah lingkungan.

Hingga kini, melalui brand Toyota dan Lexus, TAM telah menghadirkan 15 model kendaraan berteknologi elektrifikasi. baik itu yang berteknologi Battery EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Hybrid EV

Sementara sejak 2009 hingga Desember 2022, Toyota secara total telah memasarkan lebih dari 9.964 unit kendaraan elektrifikasi.  dan juga telah berkontribusi menekan emisi karbon lebih dari 10.300 ton

Menurut keterangan dari Toyota beberapa waktu lalu, jika dilihat dari total penjualan elektrifikasi Toyota. model Hybrid mendominasi penjualan dengan komposisi hampir di atas 95%.

Adapun mobil elektrifikasi Toyota dari tahun ke tahun terdapat berbagai tipe.

Prius Hybrid dan Plug-In Hybrid EV, Camry Hybrid EV, Alphard Hybrid EV, C-HR Hybrid EV.

ada juga Altis Hybrid EV, Corolla Cross Hybrid EV, Innova Zenix Hybrid EV dan teranyar bZ4X Battery EV.

“Dari 15 model elektrifikasi yang telah TAM miliki bisa mengisi berbagai segmen. Masyarakat pun bisa memilih teknologi elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas dan lifestyle-nya sehari-hari. sehingga secara langsung ikut berkontribusi menekan emisi karbon melalui penggunaan kendaraan ramah lingkungan.” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan catatan Toyota mencatat penjualan mobil hybridnya dari Januari-November 2022 sudah menyentuh angka 2.270 unit. Meningkat cukup signifikan sebanyak 40% dari tahun lalu.

Sementara itu,  Berdasarkan data Gaikindo, total penjualan mobil elektrifikasi selama Januari-November 2022 mencapai 18.288 unit. yang merupakan mobil listrik dan mobil hybrid.

Untuk mobil hybrid dari Toyota, sukses mendominasi 3 besar mobil hybrid terlaris dari Januari-November.

Ada 2 mobil yang merangsek ke posisi 2 dan 3 yaitu Corolla Cross Hybrid dan Innova Zenix Hybrid.

Menariknya adalah Innova Zenix yang baru diluncurkan pada bulan November lalu bisa mengisi posisi 3 besar. itu berarti Innova zenix mengalahkan mobil-mobil hybrid yang sudah duluan mengaspal.

masyarakat sangat antusias terhadap kehadiran Innova Zenix.

Direktur Marketing TAM Anton Jimmi mengatakan masyarakat sangat antusias terhadap kehadiran Innova Zenix.

Meski belum sebulan diluncurkan, total pesanan untuk MPV Hybrid ini mencapai 9.304 unit.
“Bahkan total pesanan atau SPK untuk mobil Hybrid terbaru Toyota yaitu Kijang Innova Zenix sudah melebihi 9.304 unit. Itu terhitung per tanggal 2 Januari 2023 ini, dengan 75% dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid. Sementara untuk  tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 3.488 unit.” ungkap Anton Jimmy.

Innova Zenix Hybrid, yang jadi generasi ketujuh Kijang Innova mewarisi beberapa fitur dari generasi sebelumnya. Namun demikian tetap  dengan membawa bahasa desain baru ala crossover.

Innova Zenix menjanjikan performa berkendara dengan mengadopsi platform dan mesin TNGA serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Meski begitu, ada beberapa perubahan seperti pada sasis yang menggunakan sasis model sedan.

Mesin ini memiliki kode M20A-FXS, 4 silinder segaris, 1.987 cc, dengan output tenaga bervariasi, yakni 186 PS (system), 152 PS (engine) pada 6.000 rpm, serta 113 PS untuk motor listriknya. Sementara torsinya 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan 205,9 Nm untuk torsi dari motor listriknya.

Toyota juga berupaya mendukung program Carbon Neutrality

Terbaru, Toyota meluncurkan All New Toyota bZ4X yang merupakan kendaraan pertama  yang menggunakan Battery EV.

All New bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh dengan jarak tempuh hingga 500 km.

Menggunakan mesin front wheel Drive (FWD), mobil ini memiliki kekuatan tenaga daya 204Hp dan torsi maksimal 266,3Nm.

Selain menghadirkan lebih banyak model mobil listrik di pasar otomotif nasional, Toyota juga berupaya mendukung program Carbon Neutrality yang dicanangkan pemerintah dengan target Indonesia Net Zero Emission (NZE) di 2060.

Untuk memperluas popularisasi mobil listrik, Toyota juga juga telah memperluas kawasan percontohan kendaraan listrik melalui program EV Smart Mobility di kawasan wisata Bali dan Danau Toba.

Selain itu, TAM juga mulai menginisiasi program kampanye lingkungan hidup bertema ‘IT’S TIME FOR EVERYONE’. Sebagai langkah awal TAM melakukan pengadaan waste management melalui pengadaan waste station.

Toyota dianugerahi gelar ‘The Most Comprehensive Carbon Emission Reduction Strategy In Automotive Industry’ dari detikcom Year In Review 2022 berkat upayanya dalam mendukung kelestarian lingkungan di Indonesia, termasuk dengan menghadirkan mobil ramah lingkungan.***