Cara Sukses Berbisnis dari Steve Jobs

by -304 Views
Kunci sukses Steve Jobs. (Foto: Guardian)

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Steve Jobs. Ia merupakan sosok penting dalam perkembangan teknologi dunia.  Banyak inovasi teknologi  dunia yang telah dihasilkan dari pemikiran dan strateginya. Mari kita pejalari cara sukses berbisnis ala Steve Jobs.

Pernyataan menarik adalah selalu mencari untuk menciptakan pahlawan yang kemudian dapat mereka hancurkan dan kemudian menebusnya.  

pers yang populer mencirikan Steve Jobs sebagai bintang rock teknologi muda (awal 1980an), dan akhirnya merupakan bintang rock teknologi penuaan (2000, sampai kematiannya).

Selama karirnya yang terkenal, Steve Jobs berbagi banyak nasihat bijak. Berikut adalah tips bisnis yang sangat relevan bagi pengusaha.

Biasa-Biasa Saja Tidak di Menu


“Apa yang terjadi di kebanyakan perusahaan. Adalah anda tidak membuat orang-orang hebat berada di bawah lingkungan kerja di mana prestasi individu tidak dianjurkan. Daripada didorong orang-orang hebat pergi dan anda berakhir dengan biasa-biasa saja. Saya tahu, karena begitulah cara Apple (AAPL) + 0,27% dibangun.  Apple adalah perusahaan Ellis Island, Apple dibangun di atas pengungsi dari perusahaan lain. Ini adalah kontributor individu yang sangat terang  yang merupakan pembuat onar di perusahaan lain.”

Sesaat setelah kematian Steve Jobs, saya memiliki percakapan yang meyakinkan dengan seorang jurnalis foto yang sangat sukses di kedai kopi.

Dia mendengar saya berbicara tentang Steve sehubungan dengan kelas kewiraswastaan UC Santa Barbara saya.

Fotografer (yang akan saya panggil Mac untuk mempertahankan anonimitas yang diminta) menunjukkan bahwa dia mengenal Steve.

Dia mulai menceritakan beberapa anekdot menghibur, yang dimulai pada awal tahun 1980an.

Salah satu cerita Mac sangat menarik. Pada musim panas 1985, dia berada di kantor Jobs saat seorang fotografer majalah Fortune datang untuk memotret Steve untuk sampul depan.

Steve memberi tahu pria dari Fortune untuk meluangkan waktunya untuk mencari lokasi yang cocok untuk foto tersebut.

Cara Sukses Berbisnis :Jangan Takut

Dia memotret fotografer tersebut untuk (parafrase Mac), “jangan takut memperjuangkan citra yang ada di luar kotak.”

Setelah beberapa jam, fotografer tersebut kembali ke kantor Steve dan mengumumkan bahwa dia telah mengidentifikasi lokasi yang sesuai untuk pemotretan.

Fotografer tersebut menempatkan Steve di depan logo Apple di lobi perusahaan. Namun demikian, gegitu Steve menyadari apa yang ada dalam pikiran fotografer, dia dengan tenang berkata;

“Anda pasti bercanda dengan saya. CEO Apple berdiri di depan logo Apple? Saya tidak akan menjadi bagian dari usaha yang biasa-biasa saja,” dengan mengisahkan ingatan Mac.

Dia kemudian berjalan pergi, meninggalkan fotografer yang tidak bersemangat itu berdiri sendirian di lobi.

Begitu Steve pergi, fotografer itu tampak terguncang. Sebagai jurnalis foto sesama, Mac memiliki empati untuk pria dari Fortune.

Setelah berbicara dengan Jobs, Steve setuju untuk memberi fotografer itu kesempatan lain.

Foto yang dihasilkan, meski tidak terlalu imajinatif, paling tidak merupakan keberangkatan dari formula, CEO yang berdiri di latar depan logo perusahaan mereka.

Cara Sukses Berbisnis : Kualitas Lebih


“Kami pikir Mac akan menjual zillions, tapi kami tidak membangun Mac untuk orang lain. yang pasti Kami membangunnya untuk diri kita sendiri.

Kami adalah kelompok orang yang akan menilai apakah itu hebat atau tidak. Sebab, kami tidak akan pergi keluar dan melakukan riset pasar.

Kami hanya ingin membangun hal terbaik yang bisa kami bangun.

Ketika anda seorang tukang kayu membuat laci indah, anda tidak akan menggunakan sepotong kayu lapis di bagian belakang. Meskipun menghadap ke dinding dan tidak ada yang akan melihatnya.

Anda akan tahu itu ada di sana, jadi anda akan menggunakan sepotong kayu yang indah di bagian belakang.

Agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari, estetika, kualitasnya, harus dibawa jauh-jauh.”

Kisah Mac lainnya menyoroti tingkat di mana Steve memperlakukan desain produknya sebagai karya seni.

Jobs memberi Mac sebuah Macintosh 128k sebagai hadiah. Setelah menggunakannya selama beberapa tahun, Mac meneruskan komputer ke teman yang tidak mampu membeli yang baru.

Bertahun-tahun kemudian, Jobs menanyakan Mac apakah ia masih memiliki Macintosh 128k.

Mac dengan bangga mengatakan kepadanya bahwa dia telah memberikannya kepada seorang teman yang mengira Steve akan menyetujui tindakan amalnya.

“Itu terlalu buruk,” kata Steve kepadanya. “karena saya masuk ke dalam, bersama dengan anggota tim pengembangan lainnya. Unit yang saya berikan adalah salah satu Macintosh pertama yang pernah diproduksi.”


Sukses = Berjalan


“Saya yakin bahwa sekitar separuh dari apa yang membedakan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni.”

Seperti yang dicatat oleh Guy Kawasaki dalam wawancara, kerja keras adalah senjata rahasianya. Cara sukses bebrbisnis lain adalah teruslah berjalan.

Saya secara teratur membawa pengusaha sukses ke dalam kelas saya.  hal itu karena, atribut  umum dari individu-individu ini adalah stamina dan kemauan mereka untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk sukses.