SMKN 27 Jakarta Pusat Hasilkan Produk Minuman

by -298 Views
Situasi praktek Uji Kompetensi siswa SMKN 27 Jakarta Pusat didampingi guru pembimbing ibu Nur Hayati.

JAKARTA, RATIMNEWS.COM– Siswa SMK Negeri 27 Jakarta Pusat  mengadakan praktek Pembuatan produk Minuman Non-Alkohol Rabu, (7/12/2022).

Siswa-siswi yang ikut terlibat dalam kegiatan ini berasal dari jurusan Kuliner yang sedang duduk di bangku kelas XI. Sebagian dari mereka saat ini juga sedang mengikuti program Kelas Industri di Kempinsky Hotel Jakarta.

Praktek ini diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi siswa di bidang atau jurusan mereka masing-masing. Kebetulan sekarang Kelas XI jurusan kuliner yang mendapat giliran praktek.  Kata Bu Nur Hayati yang biasa di sapa Bu Nuy.

Lanjut Nuy, Kali ini siswa mengikuti praktek pembuatan Minuman Non Alkohol dan Minuman Tradisional seperti jeni-jenis Mojito Moctail, beraneka jenis Cocktail, aneka Juice, Nourishing,Milkshake aneka cita rasa, aneka coffee & tea, bajigur , cendol , dawet , es pisang ijo, kolak waluh ,dan sebagainya.

“Setiap siswa kita anjurkan untuk  mampu membuat minuman sesuai selera, rasa dan kreatifitas siswa yang bersangkutan dalam meracik minumannya. Tidak harus mengikuti pakem minuman yang sudah umum dikenal khalayak. Ungkap Nuy.

Ia pun melanjutkan,  “Salah satu tujuan SMK adalah bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai jurusannya.

Sebagai Guru pendamping, Nuy berharap dengan praktek-praktek ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dan menumbuhkan kreatifitas mereka.

“Mengadakan praktek-praktek seperti ini sebenarnya hal yang biasa di SMKN 27. Kita sebagai tenaga pengajar tugas kita adalah mengajar, mendampingi, membantu dan mengarahkan mereka untuk terus meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan semangat serta kreatifitas mereka. Ungkap Nuy yang pernah menempuh studi bidang Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta

Ada pun Chelsea Angela Wijaya, salah satu siswi yang mengikuti praktek kali ini mengungkapkan bila praktek-praktek seperti ini sangat berguna bagi siswa.

Siswa meracik Produk Minuman Non-Alkohol Sendiri 

“Ini sangat membantu kami. Dengan praktek seperti ini membuat kami bebas dan mampu untuk berkreasi membuat berbagai aneka minuman, mengetahui cara mengarsih minuman dan mencoba meracik banyak jenis minuman non alkohol sesuai maunya kami.

Hal senada diungkap siswi lainnya Alexandra Natalia yang hari ini meracik Strawberry Lime Mojito Mocktail.

“Melalui praktek ini kami bisa menumbuhkan rasa percaya diri kami meracik aneka minuman sesuai bahan-bahan yang ada. Kami juga bisa langsung tahu teknik dan jenis peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan minuman. Ungkap Alexandra.

“Praktek-praktek seperti ini sangat membantu kami untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi saya dan teman-teman jurusan  sehingga di dunia industri, kami sudah memiliki bekal untuk bekerja. Tutup Alexandra yang saat ini juga sedang mengikuti program kelas industri di Kempinsky Hotel.