BRIN Siapkan Program Beasiswa S2 dan S3 Riset untuk PNS dan Non PNS

by -647 Views
Alur proses program Degree By Resear (Dokumen: lamandosen.com)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka program belajar berbasis riset (degree by research). Program ini  bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di sejumlah perguruan tinggi dalam negeri.

Hal tersebut tentu memberi angin segar bagi kaum muda bisa berharap mendapatkan akses pendidikan yang baik. kaum muda bisa melanjutkan pendidikan dan kelak menjadi modal dalam mencapai kesejahteraan hidup.

Program belajar berbasis riset berupa penugasan yang diberikan oleh pejabat pembina kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non PNS.

Hal tersebut untuk meningkatkan kompetensi melalui pendidikan formal berbasis penelitian, pengembangan, dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan tugas kedinasan.

Beasiswa BRIN mencakup biaya kuliah di kampus tujuan, yaitu biaya pendaftaran dan biaya kuliah tunggal, kemudian biaya monitoring dan evaluasi.

Kemudian yang tak kalah penting adalah biaya penelitian.

Masa studi program belajar berbasis riset (Degree by Research) jenjang S2 paling lama 4 (empat) semester. Sedangkan program belajar berbasis riset jenjang S3 paling lama 6 (enam) semester.

Yang menarik dari beasiswa BRIN ini, kuota beasiswa tidak dibatasi. Artinya peluang yang diberikan cukup besar.

Selain itu tersedia berbagai pilihan jurusan dari sejumlah universitas mitra untuk melanjutkan studi jenjang S2 maupun S3 di dalam negeri.

Ada Delapan Perguruan Tinggi sasaran dari Beasiswa BRIN yakni:

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Padjadjaran
  5. Insitut Pertanian Bogor
  6. Institut Teknologi Sepuluh November
  7. Universitas Sains Malaysia
  8. Universitas Diponegoro

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 dan S3 dalam Negeri ini tersedia 35 jurusan untuk Program S2 dan 34 jurusan untuk program S3. 

Untuk informasi lebih lengkapnya terkait Persyaratan calon peserta PNS dan Non PNS dan Alur pendaftaran beasiswa BRIN dapat diakses atau mengklik lamandosen.com.*** Edison D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *