Di Sudan Selatan Paus Fransiskus Menyerukan Lawan Korupsi dan Perangi Kemiskinan

by -458 Views
Potret Baliho Paus Fransiskus I di Juba- Sudan Selatan. Juba bersiap menyambut Paus Fransiskus.

RATIMNEWS.COMPaus Fransiskus menyerukan lawan korupsi dalam kunjungannya di Sudan Selatan.

Paus bertemu dengan para pemimpin dan pihak-pihak berwenang di negara tersebut  di Juba pada Jumat,(3/2/2023).

Paus fransiskus menyerukan kepada para pemimpin untuk mengambil tindakan nyata memerangi persoalan besar dunia terutama di negara tersebut.

Ia menyerukan tindakan melawan korupsi. lanjut paus, ia mencatat “Distribusi dana yang tidak adil, skema rahasia untuk menjadi kaya, kesepakatan patronase, kurangnya transparansi.”

“Di atas segalanya, ada kebutuhan untuk memerangi kemiskinan, yang berfungsi sebagai tanah subur tempat tumbuhnya kebencian, perpecahan, dan kekerasan.” katanya.

Dan menegaskan kembali fakta bahwa “kebutuhan mendesak dari setiap negara beradab adalah untuk merawat warganya. Terutama warga yang paling rentan dan kurang beruntung. Dia berkata bahwa dia terutama memikirkan” jutaan orang terlantar yang tinggal di sini.

“Berapa banyak orang yang harus meninggalkan rumah mereka. Dan sekarang menemukan diri mereka terpinggirkan sebagai akibat dari konflik dan pemindahan paksa!”

Perdagangan senjata

Visi menyeluruh Paus tentang masalah dan kebutuhan negara bahkan menyentuh kebutuhan utama. “untuk mengontrol aliran senjata yang meskipun dilarang, terus berdatangan di banyak negara di kawasan itu, termasuk Sudan Selatan.”

“Banyak hal yang dibutuhkan di sini, tapi tentunya tidak lebih banyak alat kematian!”

Pengembangan pendidikan,Kesehatan dan kebutuhan Infrastruktur

Dia menyerukan pengembangan kebijakan perawatan kesehatan yang sesuai, kebutuhan infrastruktur vital dan promosi melek huruf dan pendidikan: “satu-satunya cara agar anak-anak negeri ini dapat mengambil masa depan mereka sendiri.”

“Seperti semua anak di benua ini dan di dunia, mereka memiliki hak untuk tumbuh dengan memegang buku catatan dan mainan di tangan mereka, bukan senjata dan alat untuk bekerja.”

Paus Fransiskus mengakhiri pidatonya dengan menyoroti pembinaan hubungan positif dengan negara-negara lain, dan mengakui “kontribusi berharga yang dibuat oleh komunitas internasional untuk negara ini, dan mengungkapkan rasa terima kasih atas upaya yang dilakukan untuk mempromosikan rekonsiliasi dan pembangunan. ”

“Saya menyadari bahwa beberapa dari apa yang saya katakan mungkin tampak blak-blakan dan langsung,” pungkasnya, meyakinkan mereka yang hadir bahwa bersama dengan saudara-saudaranya yang telah melakukan ziarah perdamaian ini, dia menawarkan “doa dan dukungan yang tulus, sehingga Sudan Selatan dapat mengalami rekonsiliasi dan perubahan arah.”

“Semoga perjalanan vitalnya tidak lagi diliputi oleh banjir kekerasan, terperosok dalam rawa-rawa korupsi dan terhalang oleh banjir kemiskinan. Semoga Penguasa surga, yang mencintai tanah ini, menganugerahinya musim baru yang damai dan sejahtera.” ***