Sosperda DKI Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta, Simon Lamakadu Ajak Warga Mengakses Bantuan Kesejahteran Sosial

by -285 Views

JAKARTA, RATIMNEWS COM – Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Simon Lamakadu melakukan kegiatan sosialisasi Perda (Sosperda) DKI Jakarta untuk warga Kelurahan Serdang & Utang Panjang -Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Untuk diketahui, khususnya umat Katolik wilayah Antonius dan Lourdes dari Paroki Paskalis Cempaka Putih.

Kegiatan Sosperda kali ini diselenggarakan di ruang serba guna Kapel Lourdes, Serdang-Kemayoran. Sementara itu, kegiatan sosperda diketahui di adakan selama dua hari Sabtu dan Minggu (20-21/04/2024) pukul 11.00 WIB.

Pada hari pertama yakni Sabtu, 20 April 2024 jumlah warga yang hadir kurang lebih 175 orang. Sementara itu, pada hari kedua, Minggu, 21 April 2024 jumlah warga yang hadir kurang lebih 200 orang.

Simon Lamakadu dalam pernyataannya mengatakan kegiatan ini sangat berguna untuk warga dan ia mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan sosperda ini.

“Pertama-tama saya mau ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan sosperda ini. Bersama panitia dan warga kecamatan Kemayoran, lebih khusus lagi umat Katolik wilayah Antonius dan Lourdes, yang memfasilitasi kita dengan tempat ini.

Simon Lamakadu yang hadir bersama team memaparkan bahwa kesejahteraan sosial menjadi tanggung jawab negara.

Yang mana kesejahteraan itu berupa terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga mampu melaksanakan fungsi sosialnya.

Berbagai Program Kesejahteraan Sosial Provinsi DKI Jakarta

Adapun program Kesejahteraan Sosial DKI Jakarta yang diperkenalkan pada Sosperda kali ini antara lain;
Bantuan Pendidikan: Kartu Jakarta Pintar, KJMU, Sekolah Negeri Gratis
Bantuan Kesehatan: BPJS, Puskesmas gratis, RSUD gratis, fasilitas olahraga, posyandu
Program Bantuan Kewirausahaan: Jakpreneur, pelatihan UMKM
Bantuan Sosial: BLT, Subsidi Pangan, Pangan Murah, Kartu Lansia, Kartu penyandang disabilitas.
Program Bantuan Kesempatan Kerja: Pelatihan kerja PPKD
Bantuan Perumahan : Rumah DP 0 %, Bedah Rumah.

Nur Indah Widyaningrum, salah satu tim yang memaparkan materi soal kesejahteraan sosial mengatakan membutuhkan kontribusi masyarakat. Hal itu tentu, dukungan untuk terlibat dalam membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di akhir kegiatan Sosperda, Simon Lamakadu mengungkapkan bahwa pemerintah telah menyiapkan mekanisme untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya DKI Jakarta. Untuk itu, kontribusi masyarakat smua sangat penting terutama dalam hal ini.

Pertama, Agar kita yang hadir di sini mendorong masyarakat yang membutuhkan untuk mendaftar.

Kedua, Membantu sosialisasi dan mobilisasi masyarakat untuk mendaftar

Ketiga, Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program ini dan melakukan pengaduan/advokasi kepada pihak kelurahan atau anggota DPRD yang bisa anda hubungin.
Kata Simon.

Adapun, Simon mengungkapkan bila ada warga masyarakat yang mengalami kesulitan dan persoalan di wilayahnya bisa datang atau sampaikan aspirasi kepadanya untuk ditindaklanjutin.

” Dengan demikian, Ke depan untuk warga Kemayoran yang mengalami kesulitan dan persoalan bisa datang kepada saya atau sampaikan aspirasinya secara langsung kepada saya. Puji Tuhan akan saya tindaklanjutin sebagai wakil rakyat.”Tutup Simon yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta komisi A bidang Pemerintahan.