BUDAYAKAN LITERASI: Dispusip DKI Jakarta Menyiapkan Ribuan Bahan Bacaan untuk Dipinjam Warga Jakarta

by -382 Views
Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara-IKRA (tangkapan layar Youtube Timi Motii)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM   –  Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta kembali mengadakan kegiatan Insiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA)/literasi triwulan 4 tahun 2022.

Kegiatan IKRA diharapkan dapat menumbuhkan budaya dan kegemaran membaca yang berkelanjutan di masyarakat. Sehingga terbentuk kebiasaan membaca di lingkungan keluarga, sekolah serta lingkungan masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip)  DKI Jakarta, Wahyu Haryadi mengungkapkan, IKRA sebagai salah satu aktivitas literasi.

Ini merupakan lanjut, Wahyu upaya pemerintah untuk menyediakan buku bacaan kepada masyarakat. dan di harapkan agar dapat dimanfaatkan oleh peserta bersama keluarga di rumah.

Wahyu Mengungkapkan bahwa perkembangan zaman dan teknologi, semakin banyak pilihan hiburan yang dapat dinikmati masyarakat.

Hal tersebut, lanjut Wahyu berdampak kepada minat membaca masyarakat menjadi berkurang.

Untuk itu, Wahyu menegaskan  peran pemerintah, orang tua, guru serta pegiat literasi sangat diperlukan.  Itu semua untuk memasyarakatkan dan mempromosikan kegemaran membaca melalui berbagai aktivitas literasi guna meningkatkan minat baca.” tuturnya di Jakarta, pada Senin (12/12).

Pemerintah, Lanjut Wahyu,telah menyiapkan ribuan bahan bacaan untuk dipinjam dan dimanfaatkan oleh masyarakat di Jakarta.

Peminjaman buku dilakukan selama kurun waktu 14 (empat belas) hari atau lebih.

Sumber bacaan yang disiapkan pun bervariasi, seperti buku cerita anak, buku pengetahuan, buku keterampilan, dan jenis buku lainnya. Ini tentu sangat berguna dan bermanfaat bagi anak. Dan diharapkan kegiatan semacam ini bisa dikuti oleh daerah lain.

Adapun, ungkap Wahyu, untuk lokasi kegiatan IKRA ini akan tersebar di seluruh Wilayah Kota/Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta.

“Keterlibatan keluarga dalam kegiatan ini menunjukkan pentingnya peran keluarga. Hal itu dimana untuk mengarahkan, membimbing dan menjadi media  berdiskusi bagi anak-anak di rumah,” Tutup Wahyu.***