Isu Jokowi dan PDIP Pisah Jalan Makin Memanas, Puan Hadir Meredam

by -238 Views
Foto: Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PDIP Megawati (dok. IG Puan Maharani)

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Ketua DPP PDIP Puan Maharani kembali bicara terkait hubungan PDIP dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Puan bicara soal Isu pecah kongsi Jokowi dan PDIP yang makin memanas, yang kemudian diredam oleh Puan sendiri. Ia (Puan)  kembali menegaskan bahwa Jokowi dan PDIP baik-baik saja.

Puan sempat bicara terkait hubungan Jokowi dan PDIP ketika pengumuman cawapres Ganjar Pranowo, Rabu (18/10) yang lalu. Saat itu, dia menekankan tidak ada pecah kongsi antara Jokowi dan PDIP.

“Nggak ada pecah kongsi sama sekali, semuanya baik baik saja, kita saling menghormati, menghargai.” kata Puan.

Puan menegaskan Jokowi memang tidak ikut campur soal urusan capres-cawapres PDIP. Menurutnya, itu juga sudah beberapa kali disampaikan Jokowi.

“Seperti apa yang Pak Jokowi sampaikan, urusan capres dan cawapres itu adalah urusan partai politik.” ucapnya.

“Jadi ini merupakan hal daripada partai politik, yaitu PDI Perjuangan bersama partai yang bersama dengan PDI Perjuangan ada Partai Perindo, Hanura, dan PPP.” lanjut dia.

Puan Bantah Isu Pecah Kongsi Jokowi dan PDIP Memanas

Kemudian, Puan kembali menegaskan soal hubungan Jokowi dan PDIP. Dia menekankan hubungan Jokowi dan PDIP tidak memanas usai Gibran Rakabuming Raka jadi cawapres Prabowo Subianto.

“Siapa yang panas ya? Kemarin di hari santri saya bertemu dengan Presiden acara kemarin di Surabaya.” ujar Puan saat konferensi pers di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa (31/10/2023).

Dirinya mengatakan dirinya akan terus bertemu Jokowi. Hal itu, katanya, merupakan bagian dari tugasnya sebagai Ketua DPR.

“Jadi kalau menanyakan akan ada pertemuan, akan selalu ada pertemuan antara Ketua DPR dan Presiden RI.” katanya.

Mantan Menko PMK ini juga mengatakan pertemuan dengan Jokowi akan terus dilakukan. Dia menegaskan hubungannya antara Ketua DPR dan Presiden tetap berjalan biasa.

“Karena saya sebagai Ketua DPR. Tentu saja secara fungsional tetap harus menjalankan tugas-tugas saya sebagai Ketua DPR bersama atau ada Presiden atau tidak ada Presiden, begitu juga Presiden. Jadi saya akan ketemu terus sama Presiden,” ujarnya.

Diketahui Jokowi Juga Baik-baik Saja dengan PDIP

Tak hanya Puan, penegasan soal hubungan dengan PDIP juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menyebut hubungannya dengan PDIP ataupun Megawati baik-baik saja.

“Baik-baik saja,” kata Jokowi usai membuka BNI Investor Daily Summit 2023 di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10). Jokowi menjawab pertanyaan bagaimana hubungan dengan Megawati dan PDIP usai Gibran diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai cawapres. Ia lalu ditanya soal anggapan dinasti politik jika benar Gibran maju sebagai cawapres Prabowo. Jokowi menyerahkan penilaian itu kepada masyarakat.

“Ya itu kan masyarakat yang menilai. Masyarakat yang menilai,” ujarnya.

“Dan dalam pemilihan pun baik itu di pilkada, di pemilihan wali kota, pemilihan bupati, pemilhan gubernur, pemilihan presiden. Itu semuanya yang memilih itu rakyat, yang menentukan itu rakyat, yang mencoblos itu juga rakyat. Bukan kita, bukan elite, bukan partai, itulah demokrasi,” lanjut dia.

Jokowi lalu ditanya soal anggapan dinasti politik jika benar Gibran maju sebagai cawapres Prabowo. Ia menyerahkan penilaian itu kepada masyarakat.

“Ya itu kan masyarakat yang menilai. Masyarakat yang menilai.” ujarnya.

“Dan dalam pemilihan pun baik itu di pilkada, di pemilihan wali kota, pemilihan bupati, pemilhan gubernur, pemilihan presiden. Itu semuanya yang memilih itu rakyat, yang menentukan itu rakyat, yang mencoblos itu juga rakyat. Bukan kita, bukan elite, bukan partai, itulah demokrasi,” lanjut dia.