Tiga Peluang Usaha di Desa Yang Memiliki Potensi Untung Besar

by -590 Views
Potret area kolam Kolam Susuk dan jalan menuju Teluk Gurita, Desa Dualaus-Kabupaten Belu NTT

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Desa mempunyai peran yang besar dalam menyokong perekonomian Nasional. Salah satu upaya untuk memajukan perekonomian Desa adalah dengan membuka bisnis-bisnis usaha di desa  yang berpotensi mendatangkan profit.

Walaupun banyak orang yang mengatakan  bahwa mencari peluang  susah dengan alasan  keadaan yang terbatas.

Anggapan tersebut jelas keliru, faktanya masih banyak peluang  yang memiliki potensi besar karena pesaingnya tidak banyak.

Hal ini dapat terwujud apabila Desa mampu berkembang dengan baik dan memberdayakan masyarakatnya.

Apalagi dengan berkembangnya masyarakat di Desa, sangat terbuka kesempatan bagi bisnis pemula untuk menuangkan ide – ide peluang usahanya di Desa.

Untuk menemukan peluang usaha potensial di Desa, yang perlu anda lakukan adalah tentukan peluang bisnis  yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Desa.

Setelah Anda menentukan peluang  bisnis yang  cocok,  langkah selanjutnya  adalah menyiapkan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan  bisnis tersebut.

Apa 3 Peluang yang bisa dijadikan usaha yang menguntungkan? Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Usaha Pulsa dan Token Listrik

Peluang usaha pertama yang patut dicoba di desa adalah usaha pulsa dan token listrik. Kita tahu bahwa banyak tagihan listrik yang sekarang beralih ke sistem voucher, termasuk yang tinggal di Desa.

Tentunya hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis, apalagi jika lokasi PLN di wilayah Anda sangat jauh.

Untuk memulai usaha pulsa dan token listrik, Anda hanya perlu mencari distributor yang tepat dan terpercaya.

Bisa juga dikatakan bisnis ini peluang gagalnya sangat kecil, karena pulsa dan token listrik banyak dibutuhkan di Desa, jadi anda tidak perlu khawatir dengan usaha ini.

Kedua produk ini sangat penting bagi semua lapisan masyarakat dan anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk menjalankan usaha ini .

  1. Usaha Barbershop

Jenis usaha ini merupakan peluang usaha yang menjanjikan di Desa. Alhasil, masyarakat di desa tidak perlu lagi ke kota untuk mendapatkan jasa potong rambut yang bagus.

Ini juga merupakan kesempatan bagi kaum sarjana muda yang ingin terjun ke dunia bisnis sebelum kembali ke Desanya untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan memotong rambut.

Apalagi sekarang banyak tersedia kursus dengan harga terjangkau untuk mempersiapkan seseorang menjadi barber handal.

Selain itu, pangkas rambut dapat dilakukan dengan menyediakan tempat atau kita sendiri yang menghampiri pelanggan.

  1. Usaha Galon atau Depot Air Minum

Peluang usaha di pedesaan beragam dan terus berkembang. Bisnis depot isi ulang air minum juga merupakan salah satu usaha yang paling menjanjikan di desa.

Karena umumnya di Desa banyak sumber air dengan kualitas yang jernih. Selain itu, didukung dengan alat instalasi yang mudah ditemukan, baik secara online maupun langsung di toko.

Apalagi sudah banyak orang Desa yang menggunakan Dispenser yang tentunya menjadikan bisnis air galon sangat tepat untuk dijalani dengan potensi keuntungan yang besar.

Demikian peluang usaha yang layak dikembangkan di Desa. Semoga menginspirasi