Pilpres: Partai Politik yang sudah Resmi Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres Pemilu 2024

by -350 Views
Foto: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dari PDIP (dok PDIP)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Dukungan partai politik terus bertambah untuk Ganjar Pranowo maju sebagai capres pemilu 2024.

Hingga saat ini  total ada 4 parpol yang menyatakan secara resmi siap mengusung Ganjar yakni PDIP,PSI, Hanura, dan PPP.

PSI

PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres di Pilpres 2024 pada Oktober 2022

Perlu diketahui, PSI menyebut keputusan itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022.

“Dari hasil rembuk rakyat kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024.” Kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).

Grace mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

Dengan pemikiran itu, “Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Terutamanya bagi PSI Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI,” ujarnya.

PDI Perjuangan
Megawati Soekarno Putri akhirnya mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP pada pemilu 2024.

Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi saat pengumuman Ganjar Pranowo capres PDIP. Selain itu, ada juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Setelah Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres, Megawati memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo. Menurut Megawati, peci merupakan budaya orang Indonesia, identitas nasional.

Hanura

Partai Hanura resmi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres pemilu 2024.
“Itu sebabnya tadi malam begitu setelah Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya yakin itulah pilihan Pak Jokowi yang saya tunggu-tunggu. Dan saya ikut serta mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia yang akan datang.” kata Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) kepada wartawan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4)

OSO mengatakan seluruh DPD Hanura sepakat mendukung Ganjar Pranowo. Menurutnya, Indonesia membutuhkan pemimpin yang berpihak kepada rakyat dan daerah.

“Saya, partai saya, Partai Hanura Republik Indonesia dengan seluruh perangkatnya. Dengan Zoom tadi malam pada jam lima sore kita memutuskan bersama seluruh cabang-cabang yang ada di Indonesia ini. DPD-DPD di seluruh Indonesia menyatakan sepakat untuk mendukung Ganjar Pranowo,” ujar OSO.

PPP
Parpol terakhir yang menyatakan mendukung Ganjar sebagai capres adalah PPP.

Pengumuman Ganjar capres PPP dilangsungkan di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023). Mardiono mengumumkan langsung pencapresan Ganjar.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” kata Mardiono di lokasi pengumuman Ganjar Pranowo capres seperti dalam tayangan Youtube PPP.***