Jokowi Sebut Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun : Dinilai Tengah Tunjukkan Kalau Anies Tak Bisa Kerja

by -333 Views

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Belumlama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek sodetan Ciliwung. Ia datang  bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Dalam peninjauannya ini, ia secara gamblang menyebut bahwa proyek itu telah mangkrak selama 6 tahun lamanya.

Jokowi secara terang-terangan juga memuji Pj Heru Budi. Ia menilai Heru Budi  dapat dengan cepat membebaskan lahan dan melanjutkan proyek tersebut.

Menurut Rinny Budoyo, pernyataan presiden itu secara gamblang menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan tidak bisa kerja.

Pasalnya, dalam kurun waktu 6 tahun mangkrak yang disebut Jokowi itu, Anies masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Sementara, Pj Gubernur Heru Budi yang menjadi pengganti Anies, dapat membereskan proyek itu hanya dalam kurun waktu 1,5 bulan saja.

“Pasukan pembela Anies Baswedan langsung kebakaran jenggot. Itu  gara-garanya dengan jleb banget Pak Jokowi menunjukkan secara gamblang kalau Anies Baswedan ini selama 5 tahun menjabat gubernur DKI Jakarta ternyata Anies Baswedan memang nggak bisa kerja.” ujar Rinny dalam kanal YouTube 2045 TV, dikutip Konten Jatim pada Selasa (31/1/2023).

Rinny juga mengatakan  bahwa pernyataan Jokowi itu seakan menjadi lemparan ‘bom’ bagi para pendukung Anies, dan membuat para loyalisnya itu seakan ‘mati berdiri’.

“Pak Jokowi melempar bom yang bikin pasukan pendukung Anies Baswedan, para buzzer Anies, para kadrun itu, mereka seolah mati berdiri,” tambahnya.

Menteri PUPR Soal Kali Ciliwung Mangkrak

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga dalam keterangan resminya menyinggung proyek Ciliwung. Menurutnya, sodetan Kali Ciliwung sama sekali tidak tersentuh selama 6 tahun.

“Yang masalahnya tadi Pak Presiden bilang 6 tahun gak diapa-apain, normalisasi gak diapa-apain, sodetan gak diapa-apain. Nah sekarang alhamdulillah ada Pak Heru (Pj Gubernur DKI Jakarta) ini mulai dikerjakan lagi,” kata Menteri Basuki di Proyek Sodetan Kali Ciliwung – BKT, Selasa (24/1/2023), dilansir dari Suara.com, jaringan Konten Jatim.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga secara terang-terangan menyanjung Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait pembebasan lahan yang berlangsung cepat hingga proyek bisa dilanjutkan.

Jokowi tak ragu memujinya yang bisa membebaskan lahan dengan cepat dan melanjutkan proyek ini.

“Pembebasan lahan, tadi saya sampaikan dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru. Saya gak tau pendekatannya seperti apa tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena sudah selesai,” kata mantan Wali Kota Surakarta yang menjabat selama dua periode tersebut.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *