Job Fair SMKN 27 Jakarta : Cara Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK di Dunia Kerja

by -728 Views
Foto: Siswa Kelas XII SMKN 27 antusias mengikuti Job Fair di sekolah pada 20 September 2023

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Sekolah Menengah Kejuruan memiliki tujuan utama mempersiapkan lulusannya untuk siap kerja.Salah satu cara yang ditempuh untuk memastikan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja adalah dengan melakukan kerja sama dengan dunia usaha dan industri. Untuk itu, SMKN 27 Jakarta sebagai salah satu Sekolah Kejuruan di DKI mempunyai program tahunan yang diselenggarakan secara rutin di sekolah yaitu Job Fair. Tahun ini, JOB FAIR SMKN 27 Jakarta Pusat mengusung tema “ Semangat Kolaborasi Menggapai Masa Depan. Kegiatan Job Fair ini diselenggarakan pada Rabu-Kamis, 20-21 September 2023.

Shanty Prasmiani, Wakasek Bidang Hubungan Masyarakat mengatakan Job fair ini diselenggarakan sebagai bagian dari program sekolah kejuruan untuk memastikan keterserapan tenaga kerja SMK. Selain dari itu, kegiatan Job Fair ini sekaligus bagian dari program SMK PK (Program Keunggulan).” Katanya.

Ia pun melanjutkan, “kegiatan Job fair ini terlaksana karena kolaborasi sekolah dengan dunia industri yang selama ini di bangun. Sehingga siswa-siswi kita, bisa langsung mengapply kerja ke perusahaan- perusahaan sesuai bidangnya di kegiatan Job Fair ini. Ungkap Shanty

Diketahui, hadir dalam kegiatan ini antara lain, bapak Rasmaidi selaku Plt. Kasidikmen Sudin Jakarta Pusat 1, perwakilan dari Disnaker DKI Bapak Fajar Setiawan, Ketua Komite SMKN 27 Jakarta Iim Rusyamsi,  juga partisipasi dari pihak industri dan tentunya siswa-siswi kelas 12 yang hendak lulus di tahun depan.

Job Fair SMKN 27 Jakarta Mendapat Respon Positif dari Siswa

Kegiatan Job Fair ini mendapat sambutan yang positif dari semua siswa kelas XII. Salah satunya dari Alexandra Helena.

“Kegiatan ini sangat positif dan bagus buat kami. Kami bisa mendapatkan kesempatan mengenal, berinteraksi langsung dengan pihak industri, interview dan melamar ke perusahaan yang kami inginkan. Apalagi ini pihak industri langsung hadir ke sini.” Kata Helena siswa dari jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut.

Adapun kegiatan Job Fair ini bertujuan untuk membantu pemerintah dan juga sekolah meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja. Hal tersebut diungkapkan oleh Bapak Evan Setiawan selaku pelaksana tugas BKK SMKN 27 Jakarta Pusat.

“ Kegiatan Job Fair ini terlaksana karena kolaborasi sekolah, dunia industrI dan juga perguruan tinggi. Kita berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang masing-masing. Ungkap Evan.

“ Lebih dari itu, lanjut Evan, Ini sebagai kegiatan sekolah yang bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja.” Tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *