PELUANG BISNIS INDUSTRI PARIWISATA YANG BERPOTENSI UNTUNG

by -593 Views
Foto Pemandangan pantai Teluk Gurita Atapupu dengan Alam Savananya yang indah – Desa Dualaus-Kecamatan Kakuluk Mesak, Belu-NTT

RATIMNEWS.COM – Indonesia masih menjadi negara dengan banyak tempat wisata yang bisa menjadi segmen bisnis yang menggiurkan. Hal ini bisa menjadi Peluang bisnis yang baik khususnya bagi yang mereka yang tinggal di area sekitar tempat wisata.

Pariwisata adalah salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan dan ramai pengunjung karena permintaan akan hiburan tidak akan pernah ada habisnya.

  1. Bisnis kuliner

Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari tempat wisata adalah kuliner atau makanannya. Kebanyakan orang akan mencari tahu mengenai jenis kuliner atau makanan apa yang khas dan banyak ditemukan di area sekitar tempat wisata.

Bisnis kuliner juga memiliki peranan penting dalam peningkatan jumlah turis dan pendapatan daerah. Maka tak heran jika kuliner menjadi salah satu dari ide bisnis wisata yang sangat berpotensi dan menjanjikan.

Karena dapat menjadi ikon dari suatu tempat wisata, dan untuk itulah dibutuhkan pengelolaan yang benar-benar matang dan baik dari bisnis kuliner di tempat wisata ini.

Sudah sepatutnya bisnis yang kita kembangkan juga harus bisa lebih maju dan tidak hanya terbatas pada tempat wisata itu saja.

  1. Bisnis tempat penginapan

Menjalankan bisnis tempat penginapan adalah salah satu pilihan tepat bagi anda yang tinggal di daerah destinasi wisata. Bukan berarti Anda harus membuka hotel mewah dan berkelas.

Ingat, tidak semua orang yang pergi berwisata memiliki dana yang melimpah. Untuk itulah penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas sederhana justru lebih banyak diminati.

Namun jika anda hanya memiliki rumah di area sekitar tempat wisata bisa juga dimanfaatkan sebagai homestay. Ini adalah model penginapan dengan menyediakan fasilitas mirip dengan Villa.

Inilah peluang usaha di bidang pariwisata yang bisa Anda coba.

Selain itu, bisnis tempat penginapan juga akan menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar yang akan bekerja di tempat penginapan tersebut.

  1. Bisnis Rental Kendaraan

Bisnis rental kendaraan memiliki pangsa pasar luas. Banyak wisatawan membutuhkan jasa rental kendaraan untuk berbagai keperluan. Sehingga permintaan persewaan kendaraan berpotensi untuk di jadikan bisnis yang menguntungkan.

Kendaraan yang disewakan bisa berupa mobil, motor, ataupun sepeda biasa. Layanan penyewaan yang diberikan bisa berupa perjam, perhari, minggu, ataupun perbulan.

Dan harga yang diberikan juga akan berbeda pada setiap durasi penyewaan dan jenis kendaraan yang disewa.

  1. Bisnis penjualan souvenir dan oleh-oleh

Setiap kita berwisata, pasti oleh-oleh dan souvenir akan menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wisata tersebut.

Dan hal inilah yang menjadikan bisnis ini menjadi salah satu dari macam bisnis wisata yang menjanjikan.Anda bisa membuka toko souvenir ataupun oleh-oleh yang isinya berkaitan dengan tempat wisata yang ada.

Seperti contohnya di  Area Kolam Susuk -teluk Gurita yang memiliki kolam pembudidayaan ikan air tawar.  Wisatawan yang datang ke sini bisa pulang dengan membawa oleh-oleh ikan bandeng dari Kolam Susuk. Contoh lain seperti di area sekitar Kampung Adat Ratenggaro, maka oleh-oleh yang Anda buat juga harus berkaitan dengan Kampung Adat Ratenggaro supaya bisa menunjukkan identitas dari tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Bisnis sewa Kamera dan Jasa Fotografi

Bisnis sewa kamera dan jasa fotografi juga merupakan usaha pada bidang jasa yang cukup menjanjikan.

Fotografi dianggap penting karena bisa menjadi kenang-kenangan ketika wisatawan pergi ke suatu tempat. Oleh sebab itu, jasa fotografi akan selalu dibutuhkan oleh para wisatawan kapanpun dan dimanapun.

Jika Anda mempunyai kamera maka bisa memulai untuk membuka sewa kamera dan jasa fotografi pada tempat wisata. Anda bisa memotret para wisatawan dan kemudian memberikan hasil fotonya kepada mereka.

Itulah Lima (5)  ide bisnis daerah wisata yang bisa untuk anda jadikan peluang usaha yang dapat menambah penghasilan . Namun jangan lupa untuk mempersiapkan modal yang cukup sebelum menjalankan bisnis tersebut.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *