Presiden Jokowi: Peralihan Kepemimpinan Itu Estafet Bukan Meteran Pom Bensin

by -396 Views
Foto: Presiden Jokowi (Kanavino/detikcom)

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal kelanjutan kebijakan pemerintah. Dia mengatakan jangan sampai peralihan kepemimpinan seperti ‘meteran pom bensin’.

Maksudnya, meteran pom bensin harus kembali ke-0 bila sudah selesai melakukan pengisian bensin.

Menurutnya, bila kepemimpinan berganti tidak boleh seperti itu. Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kepemimpinan itu seperti tongkat estafet.

Pemimpin yang menggantikan pemimpin sebelumnya harus melanjutkan pembangunan. Apa yang sudah diletakkan dasarnya oleh pemimpin sebelumnya sebaiknya diteruskan.

“Kepemimpinan itu ibarat tongkat estafet bukan meteran pom bensin. Kalau meteran pom bensin itu ‘dimulai dari 0 ya’. Apa mau seperti itu? Ndak kan? Masak kayak meteran pom bensin.” tegas Jokowi saat memberikan sambutan pada Peluncuran Indonesia Emas 2045, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

Presiden Jokowi menegaskan kebijakan negara harus berkesinambungan bila pemimpinnya berganti.

Dia mengibaratkan pemerintah bagaikan seorang anak yang bersekolah. Semua berjenjang, dari SD hingga Universitas.

Maka dari itu, bila pemimpin berganti seharusnya ‘sekolah’ diteruskan. Bila seorang pemimpin telah mencapai level SMA misalnya, pemimpin berikutnya harus melanjutkan ke level universitas.

Jokowi mengingatkan untuk para pemimpin supaya kalu sudah lulus SD, SMP dan SMA/SMK tidak boleh lagi kembali ke SD.

“Kita harus ada keberlanjutan dan kesinambungan, harus. Kalau sudah kepemimpinan satu dua tiga sudah sampai SMA, mestinya yang berikutnya harus masuk Universitas tidak kembali ke SD lagi,” ungkap Jokowi.

“Berikutnya lagi masuk ke s2-s3. Tidak maju mundur, poco-poco lah,” katanya.

Ajakan Presiden Jokowi tersebut untuk mengingatkan kita semuawarga negara Indonesia untuk melihat siapa calon pemimpin yang tepat setelah dirinya.

Untuk itu masyarakat harus memastikan dan cerdas dalam memilih pada pemilu 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *