PDI Perjuangan Gabung ke dalam Koalisi Besar untuk Pemilu 2024

by -198 Views
Megawati Soekarnoputri (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dikabarkan memberikan isyarat bahwa partainya bersedia bergabung ke dalam koalisi besar yang mencuat usai pertemuan lima partai politik pendukung pemerintah. Namun, syarat yang diajukan adalah PDIP harus mendapatkan posisi calon presiden (capres) atau RI 1.

Pertemuan lima partai politik tersebut diadakan pada Minggu (2/4/2023) di Kantor PAN, dengan hadirnya Presiden Jokowi. Kelima partai politik yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Gerindra, PKB, PAN, PPP, dan Golkar.

Menurut politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko, peluang bergabung dengan koalisi besar tersebut telah disetujui oleh Megawati Soekarnoputri. “Tentu saja PDIP, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibu Ketum, menargetkan RI 1. Itu sudah ditegaskan oleh Bu Ketum Megawati bahwa PDIP bersedia bergabung dalam koalisi besar, dengan syarat PDIP mendapatkan posisi RI 1. Posisi RI 2 terbuka untuk partai lain,” kata Budiman saat dihubungi pada Selasa (4/4/2023).

Hingga berita ini ditulis, belum ada respons dari kelima partai politik yang hadir dalam pertemuan tersebut terkait syarat yang diajukan oleh PDIP. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *