Ganjar Pranowo Bicara Soal Kekuasaan dan Korupsi

by -433 Views
Foto: Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto peringatan 25 Tahun Reformasi di Graha Pena 98, Menteng, Jakarta Pusat. (Rizky/detikcom).

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Bakal calon presiden (Bacapres) 2024 dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, menghadiri pameran foto peringatan 25 Tahun Reformasi. Pameran tersebut diadakan di Graha Pena 98, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, dia turut mengingat momen saat Tragedi Trisakti 25 tahun silam.
“Saya ingat kejadian Trisakti. Siang lah ya saya dari Tanah Abang 3 tuh. Jadi bajuku itu kuning ya bukan merah, saya masih ingat belinya di Tanah Abang. Pas itu maunya ngelayat di Trisakti, ternyata saat itu terjadi kebakaran beberapa tempat.” kata Ganjar kepada wartawan, Sabtu (13/5/2023).

Gubernur Jawa Tengah itu juga mengingat moment saat itu, ada truk datang dan banyak orang berlarian. Mereka meletakkan kain ke dalam tangki truk untuk dibakar.

“Kebakaran nya agak lama, tapi akhirnya terbakar,” ujarnya.

Ganjar mengingat saat itu ada salah satu wartawan yang sedang bertugas memotret peristiwa tersebut. Wartawan tersebut kena tembak oleh seseorang.

“Dia ketembak di depan saya. ada percikan itu, saya kira nggak karet itu. Akhirnya saya di belakangnya, saya tangkap, saya pinggirin, ada darahnya itu. Saya lari-lari depan Trisaksi. Jadi yang saya ingat kejadian yang agak dramatik itu ya.” jelasnya.

Menurutnya, tuntutan masyarakat saat itu bahwa kekuasaan tidak boleh lama-lama. Kekuasaan, kata dia, harus dibatasi.

“Ada satu yang diinginkan bahwa kekuasaan nggak boleh lama-lama. Tuntutan saat itu kan satu aja ya, nggak boleh lama-lama kekuasaan, harus dibatasi. Semua ada batasnya, tuntutan yang utama sebenarnya saat itu ya itu,” jelasnya.


Ganjar ungkap PR 25 Tahun Reformasi adalah Korupsi dan Penegakan Hukum


Menurut Ganjar, ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus dibenahi setelah 25 tahun reformasi ini. Dia mengatakan masalah korupsi masih belum tuntas.

“Itu yang jadi PR bersama yang hari ini oleh semuanya. Kalau kita bicara sampai otonom daerah dulu, hari ini bicara mengenai demokrasi yang lebih bagus. Tapi tentu saja akan melakukan evaluasi mana yang the best dan dan yang bisa diikuti,” terangnya.

Selain korupsi, dia juga menyoroti masalah pelanggaran HAM yang harus segera ditangani pemerintah. Dia menekankan pentingnya penegakan hukum.

“Catatan-catatan pelanggaran HAM yang tadi diobrolkan saya kira itu jelas dan harus segara ditangani pemerintah. Jadi reformasi ini menurut saya harus dituntaskan karena belum tuntas. Penegakan hukumnya, jadi reformasinya yang ada di sana jadi itu yang menjadi prioritas kita semua.” Jelas Ganjar. ***


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *