Pesantren Kilat SMKN 27 Jakarta Bahas Fiqih Toharoh dan Tata Cara Shalat Tayamum

by -271 Views
Pak Syae saat memberikan materi dalam kegiatan Pesantren Kilat SMKN 27 jakarta tahun 2023. (Foto: Media 27)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM -Pesantren Kilat SMKN 27 Jakarta bahas berbagai macam ajaran dalam Islam di bulan suci Ramadhan.

iya Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam.

Itulah mengapa kedatangan bulan Ramadhan selalu disambut dengan antusias oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Umat Islam di bulan Ramadhan akan menjalankan puasa, Shalat, Sedekah, membaca Al-Qur’an, Dzikir, Do’a dan Istighfar.

Bulan Ramadhan dengan segala keistimewaannya, ingin mengingatkan seluruh umat islam untuk membersihkan hati dan memperdalam ajaran-ajaran Nabi.

Dalam rangka mengisi kegiatan Bulan Ramadhan SMKN 27 Jakarta Pusat mengadakan Pesantren Kilat pada Rabu, 12/4/2023.

Kegiatan pesantren kilat ini di adakan di sekolah untuk siswa-siswa yang beragama Islam.

Sementara untuk siswa yang beragama Katolik, Kristen Protestan, Hindu,Budha dan Konghuchu mendapat pendampingan kerohanian dari guru agama masing-masing.

Pesantren kilat SMKN 27 Jakarta ini semacam Short Course memperdalam ajaran Islam.

Koordinator Tim Guru Agama Islam SMKN 27 Jakarta, Bapak Syaefudin Zuhri mengatakan kegiatan pesantren kilat ini semacam Short Course untuk siswa  memperdalam ajaran Islam.

“Iya pesantren kilat ini semacam Short Course bagi anak-anak untuk memperdalam dan memperluas wawasan dan pemahaman tentang ajaran Islam.” Kata Pak Syae sapaan akrabnya.

“Pesantren kilat ini, lanjut pak Syae merupakan agenda tahunan di SMKN 27 Jakarta dibulan Ramadhan. Untuk tahun ini kita guru-guru dan siswa yang beragama Islam akan melaksanakan pesantren kilat selama tiga hari yaitu dari tanggal 12-14 April 2023.” Ungkap Syaefudin.

Mengenai materi ajar selama pesantren kilat ini, pak Syae menuturkan bahwa materi-materi meliputi ajaran dan tata cara dalam Islam yang tidak terdapat dalam kurikulum dan bahan ajar di kelas.

“iya materi yang kita berikan selama pesantren kilat ini meliputi ajaran dan segala bentuk tata cara shalat dan sebagainya dalam Islam yang tidak terdapat dalam kurikulum dan bahan ajar di kelas.”Ungkapnya.

Pesantren kilat SMKN 27 Jakarta ini memhas Fiqih Toharoh.

“Seperti hari ini, pak Syae melanjutkan, saya memberikan materi tentang Fiqih Toharoh. Katanya

“Ini merupakan konsep dan tata cara dalam ajaran Islam bagaimana bersuci diri, bagaimana menghilangkan najis dan mengangkat hadats (sesuatu yang menjadikan orang tidak sah shalatnya)”. Jelas bapak Syaefudin.

“Hari pertama pesantren kilat di sekolah ini, kita tim pemberi materi  menjelaskan khususnya tata cara sholat Tayamum. tata cara ini yang memungkinkan penganut agama Islam bisa tetap melaksanakan shalat di manapun dan kapanpun meski tidak ada fasilitas yang memadai.” Tutur pak Syaefudin.

Pelaksanaan kegiatan pesantren kilat ini mendapat respon yang positif dari siswa-siswi.

“ Bagi saya kegiatan pesantren kilat ini bagus dan sangat berguna. Saya hari ini bisa tahu satu tata cara yang selama ini saya belum tahu tentang wudhu dan shalat. Yang saya maksudkan adalah adalah tata cara Tayamum. Tata cara ini merupakan konsep menyempurnakan wudhu sesuai ajaran Nabi. Ini menarik sekali.” Kata Hydeyoshi Balikha

Salah satu siswa lainnya Rendy Agustian siswa kelas XI Perhotelan 2 menuturkan pesantren kilat ini sangat bermanfaat untuk siswa. Kami di hari pertama ini mendapat materi tentang Shalat bisa dilakukan dimana saja bahkan saat fasilitas wudhu dan sebagainya tidak tersedia. Jadi dengan tahu ini kan, tidak ada lagi alasan untuk tidak shalat.” Kata Rendy. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *