PELANTIKAN ANGGOTA PASKIBRA SMKN 27 JAKARTA: PASKIBRA WADAH PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

by -334 Views

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Sabtu, (28/01/2023) SMKN 27 Jakarta Pusat mengadakan pelantikan anggota Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) tahun 2023.

Siswa yang dilantik  berjumlah 16 orang yang saat ini duduk dibangku kelas X (sepuluh).

Mereka telah mengikuti pelatihan rutin dan penuh kedisiplinan selama masuk menjadi anggota ekskul di awal tahun ajaran sekolah.

Siswa-siswa tersebut dinyatakan layak untuk dilantik menjadi anggota Paskibra SMKN 27 Jakarta Pusat.

Guru pembimbing paskibra, bu Sri Lestari menjelaskan anggota paskibra selain untuk bertugas saat upacara bendera,  kegiatan pelantikan ini sebagai persiapan untuk lomba. Ada beberapa event lomba paskib ke depan tingkat SMA/SMK di DKI  Jakarta.

Adapun melalui pelantikan ini bisa  menjadi modal berharga bagi mereka bila akan mengikuti seleksi paskibra tingkat Kota atau provinsi DKI bahkan mungkin untuk tingkat nasional.

“Pelantikan ini memberi kesempatan bagi anak-anak untuk memegang sertifikat sah tingkat sekolah. Sertifikat tersebut bisa menjadi pegangan bagi mereka yang mungkin sewaktu-waktu bisa digunakan untuk ikut seleksi di tingkat Kota, provinsi ataupun tingkat paskibraka nasional.

Paskibra Wadah bagi Siswa Membentuk Karakter Cinta tanah Air

Bu Sri juga mengungkapkan di ekskul paskibra, anak-anak ditanamkan budaya cinta tanah air dalam setiap latihan mereka.

Harapannya karakter mereka dibentuk untuk menumbuhkan rasa saling menghargai antar anggota . Lebih luas, ini bisa membantu  terbentuknya sikap yang positif yang sesuai dengan budaya luhur bangsa yang solider. Budaya saling menghargai dan membutuhkan dalam perbedaan.

Pada kesempatan yang sama salah satu peserta yang dilantik adalahcFatimah Azahra. Ia mengatakan dengan mengikuti ekskul paskibra ia belajar hal-hal baru yang bisa membentuk karakternya.

“Kami berlatih dengan keras seminggu sekali. Kadang bisa dua atau tiga kali dalam seminggu sesuai kebutuhan. Kami berlatih dengan penuh kedisiplinan tinggi dan itu membentuk ketahanan mental kami. Ungkap Zahra yang juga ketua Paskib SMKN 27 terpilih.

Paskibra Membentuk Karakter Disiplin 

“Di paskibra kami diajarkan untuk bersolider bersama teman-teman, menjaga keselarasan dan keseimbangan. Ini membuat setiap kami bahu membahu, gotong royong untuk mendukung satu sama lain. Bila diterapkan pada budaya Indonesia maka kami belajar bahwa solider membuat kehidupan kita lebih seimbang,harmonis dan indah. Seperti barisan petugas  saat bertugas. Lanjut Azahra yang saat ini duduk dibangku kelas X jurusan kecantikan dan Spa.

Di paskibra, ungkap seorang siswa lainnya Intan Claudia Safitri, karakter kami diasah untuk menjadi generasi cinta tanah air. Kala jadi petugas mengibarkan bendera, kita di bawa pada memori untuk mengingat dan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan. Mereka menderita, berkorban segalanya hingga nyawa untuk mempertahan Indonesia dalam simbol bendera merah putih.” Tutur intan.

“Saya berharap untuk teman-teman lain bisa bergabung dan belajar membentuk karakter dan sikap positif di ekskul paskibra. Sikap disiplin, tekun, ketahanan mental dan fisik, solider,tanggung jawab dan cinta tanah air menjadikan saya generasi Indonesia yang tangguh. Kata Intan.

Pelantikan keenam belas petugas paskibra hari ini dihadiri oleh guru pembimbing bu Sri lestari dan Bu Nur’aini. Hadir sebagai pemateri kak Defrida dan kak Rifan sebagai pelatih. Pelantikan dilakukan secara seremonial dalam upacara. Secara simbolik pelatih memberikan topi untuk setiap peserta yang dilantik. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *