Program Sosial BI : Dua Kelompok Tani (Poktan) di Jaktim Dapat Bantuan 20 Ribu Bibit Cabai

by -302 Views
(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Dua kelompok tani (Poktan) di Jakarta Timur mendapatkan bantuan 20 ribu bibit cabai dari Bank Indonesia, Kamis (26/1). Ini merupakan program sosial BI yang diperuntukan bagi masyarakat.

Acara penyerahan bantuan program sosial BI ini dilakukan di Poktan Kemuning Bersemi, Kompleks Lapan,  Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo.

Kita menginginkan agar harga cabai stabil

Kepala Perwakilan BI Cabang DKI Jakarta, Arlyana Abubakar, menyerahkan secara simbolis bantuan cabai kepada Ketua Poktan Kemuning Bersemi Bidawi Hasyim dan Ketua Poktan Pondok Ranggon 04, Ali.

Menurut Arlyana, pihaknya memberikan bantuan bibit cabai sebagai upaya menjaga inflasi karena mahalnya harga. Salah satu komoditas yang kerap mempengaruhi inflasi adalah cabai, karena harganya fluktuatif, masa tanam pendek dan rentan dengan cuaca.

“Kita menginginkan agar harga cabai stabil. Salah satunya dengan menanam cabai bersama di masyarakat.  Dalam waktu tiga hingga empat bulan sudah bisa panen,” kata Arlyana.

Camat Pasar Rebo, Mujiono,  berterimakasih dan mengapresiasi program sosial BI Cabang DKI Jakarta yang telah memberikan bantuan bibit tanaman cabai ini.

Butuh sebuah perjuangan panjang kolektif untuk warga Kecamatan Pasar Rebo,  untuk mendapatkan bantuan bibit tanaman cabai tersebut.

“Setelah berproses ternyata memerlukan Poktan yang memenuhi syarat administrasi dan prestasi. Akhirnya disepakati bersama bahwa Poktan Kemuning Bersemi ini mendapatkan kesempatan bantuan bibit dalam rangka memperkuat ketahanan pangan untuk warga Kecamatan Pasar Rebo,” papar Mujiono.

Sementara, Ketua Poktan Kemuning Bersemi, Bidawi Hasyim  menyatakan, semua bibit cabai ini akan ditanam di sejumlah lahan penghijauan di Kecamatan Pasar Rebo.

“Poktan kami merupakan Poktan Terpadu yang menangani pertanian, perikanan, holtikultura dan pengolahan sampah,” Tuturnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *