Ketahui Penyebab bisnis dengan Modal Kecil yang Berakhir Gulung Tikar

by -370 Views

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Bisnis anda sudah gulung tikar atau sedang mengalami pasang surut ? Ketahuilah penyebabnya dari uraian berikut ini.

Sebenarnya, telah banyak pengusaha membuktikan keberhasilan dengan modal kecil yang mereka rintis dari nol. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa tak sedikit pula bisnis modal kecil yang berakhir gulung tikar. Memang, apa pun jenis usahanya, risiko kegagalan pastilah ada.

Oleh sebab itu, sekalipun dijalani sebagai bisnis sampingan, sebaiknya empat penyebab kegagalan bisnis ini tak kamu lakukan.

1. Tak ada rencana bisnis yang matang

Meski bisnis kecil-kecilan, wajib hukumnya punya rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi yang perlu dilakukan. Perencanaan yang baik akan memudahkanmu dalam mengembangkan bisnis.

Bayangkan apa yang ingin kamu capai untuk usahamu dalam beberapa tahun ke depan dan siapkan strateginya. Misalnya, jika kamu ingin usahamu berkembang sebagai bisnis waralaba, tak ada salahnya membuat proposal kemitraan dari sekarang. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ada pihak lain yang tertarik, kamu sudah punya rancangan yang menjanjikan.

2. Tidak dijalani sepenuh hati

Penyebab satu ini sering terjadi pada bisnis modal kecil. Padahal, sayang sekali mengeluarkan tenaga, waktu dan uang jika dikerjakan setengah hati. Hanya mereka yang tangguh dan bersungguh-sungguh yang bisa sukses menjalani dan mengembangkan bisnis sendiri.

3. Kurang promosi

Dalam berbisnis, pemasaran adalah hal utama. Percuma punya produk yang bagus dan berkualitas, tapi tak ada orang yang tahu.

Zaman sekarang sayang sekali jika tak memanfaatkan berbagai sarana promosi yang telah tersedia secara gratis, seperti media sosial. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkan promo harga miring atau meminta bantuan orang di sekitarmu untuk memberikan testimoni.

4. Bersikap pasif

Pengusaha tak bisa menunggu pelanggan datang begitu saja. Untuk membuat usahanya berhasil, mau tak mau seorang pengusaha harus selalu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja, hingga sesama pengusaha lain.

Kemampuan membangun jaringan amat penting untuk kemajuan usaha. Selain itu, dengan berinteraksi dengan banyak orang, terutama sesama pengusaha, ilmu yang didapatkan pun jadi lebih banyak.

Jadi, sudah siap menjalani usahamu sendiri? Siapa tahu berawal darimodal kecil, kamu berakhir jadi pengusaha besar. Jika masih kekurangan modal, meminjam dana untuk keperluan modal usaha sah-sah saja. Asal kamu mencari pinjaman uang yang aman dan terpercaya. Semoga berhasil ! ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *