Jenis Usaha Ternak ini Berpeluang Untung Besar dengan Modal Kecil

by -348 Views
Ilustrasi peternak ayam petelur

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Banyak orang yang mengira bahwa sebuah usaha yang sukses harus dimulai dengan modal luar biasa besar. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Dengan modal yang kecil pun, sebuah usaha bisa merambah ke mana-mana. Berikut ini jenis usaha ternak yang berpeluang untung besar. 

Contohnya saja Elang Gumilang. Meski saat ini namanya diberitakan di mana-mana sebagai pengusaha sukses, dulunya ia hidup dengan berjualan donat saja. Semangat dan kepandaiannya lah yang membuatnya bisa berada di posisinya saat ini.

Begitu juga bila Anda ingin mengembangkan usaha ternak. Bagi banyak orang, beternak adalah kegiatan yang tak menguntungkan.

Padahal dengan strategi yang tepat, sebuah peternakan bebek kecil-kecilan pun bisa berkembang menjadi perusahaan peternakan dengan puluhan bahkan ratusan karyawan.

Karena itulah, jangan cepat berkecil hati. Yuk, mulai saat ini juga membangun usaha ternak. Berikut ini 11 usaha ternak yang menjanjikan dan bisa dimulai dengan modal 1-2 juta rupiah.

1. Ayam

Usaha ternak ayam adalah usaha yang bukan hanya murah namun juga mudah dilakukan. Cukup dengan 1 juta rupiah saja, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Dana tersebut pun sudah cukup untuk membeli ayam dalam jumlah yang cukup, kandang, dan pakan.

Meski demikian, usaha ini pun bukan tak lepas dari tantangan. Karena sering dianggap terlalu mudah, banyak peternak ayam yang bekerja secara tidak profesional.

Mereka memberikan pakan ayam dari sisa makanannya sendiri. Dan membiarkan saja induk yang buruk mengerami telurnya dengan tidak sukses.

Bila Anda ingin menyeriusi usaha ternak ayam, seyogyanya Anda pun harus profesional. Jangan malah menerapkan strategi beternak ala orang-orang yang sekadar memelihara ayam di belakang rumahnya. Orang-orang tersebut tak pernah mendapatkan keuntungan sebab cara beternaknya memang salah.

Oh iya, jika Anda tertarik ternak ayam petelur dan sedang mencari bibit ayam petelur, silakan lihat di DOC ayam petelur dari Mitra Bibit Ayam.

2.  Bebek dan Entog

Selain ayam, unggas lain yang juga menjanjikan untuk diternakkan dengan modal kecil adalah bebek dan entog. Sama seperti ayam, baik itik ataupun entog bisa dimanfaatkan telur ataupun dagingnya.

Permintaan pada usaha ini biasanya datang dari pemilik restaurant, supermarket besar, dan pengusaha telur asin. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan para pedagang pasar supaya panen Anda cepat laku.

3. Lele

Usaha ternak lele juga merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Coba bandingkan saja harga bibit lele dibanding bibit ikan lainnya. Selain itu, organisme akuatik ini pun dikenal tahan banting.

Lele adalah spesies ikan yang tak perlu perawatan ekstra. Mereka justru menyukai kondisi kolam yang tak begitu bersih. Pembuatan kolamnya juga tak mensyaratkan material tertentu yang harganya mahal.

Anda bahkan bisa menggunakan terpal yang dijadikan alas untuk area yang sudah digali. Dan voila, Anda pun sudah siap ternak lele.

4. Belut 

Selain lele, ikan lain yang murah dan mudah dirawat adalah belut. Anda bisa memelihara belut di kolam sendiri atau di sawah yang Anda miliki. Panen bisa ditawarkan ke pengusaha belut goreng dan pasar-pasar.

Pangsa pasar untuk ikan ini pun cukup menjanjikan meski tak sebesar lele. Beberapa daerah juga menjadikan belut sebagai makanan oleh-olehnya.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan permintaan dari mereka supaya usaha Anda mendapatkan keuntungan yang signifikan.

5. Jenis Usaha Ternak Merpati

Apakah Anda pecinta burung dan ingin berwirausaha dengan membudidayakan burung? Bila iya, coba pertimbangkan untuk menekuni jenis usaha ternak seperti burung merpati.

Pertama, harga merpati tidak mahal. Kedua, kandang dan pakannya pun cukup terjangkau. Dan ketiga, merpati cukup mudah untuk dipelihara.

Demand atau permintaan atas burung merpati juga cukup tinggi. Anda bisa menjualnya ke para penghobi balapan merpati atau remaja lelaki yang menyenangi burung ini.

Bagaimana dengan konsumsi? Meski tak banyak, ada warung-warung yang menyediakan menu masakan merpati. Jadi, Anda bisa mencoba pasar tersebut.

6. Lovebird

Jenis usaha ternak Lovebird (burung cinta) adalah burung yang sangat indah namun harganya cukup terjangkau. Burung ini juga memiliki banyak penggemar sehingga pasarnya cukup menjanjikan.

Secara umum, perawatan lovebird juga tidak sulit. Ukuran burung yang kecil membuat prospek usaha ternak ini semakin menguntungkan. Sebab Anda tak perlu menyediakan kandang sendiri-sendiri yang akan makan tempat.

Karena alasan-alasan itulah, ternak lovebird kami masukkan sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal terbatas.

7. Kelinci

Apakah Anda tinggal di daerah pegunungan? Apakah lahan di sekitar tempat tinggal Anda masih cukup luas? Bila iya, kenapa Anda tidak mencoba beternak kelinci saja?

Kelinci bisa dijual sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai daging konsumsi. Selain itu, peternakan kelinci juga bisa dibuka untuk dikunjungi turis. Misalnya saja bila Anda tinggal di Bandung.

Anda bisa membuka paket tour wisata ke peternakan kelinci Anda. Selain bisa membuat nama usaha Anda makin populer, pengunjung yang masih kanak-kanak dan remaja akan tertarik membeli kelinci-kelinci Anda.

 8. Ternak Cacing

Jenis usaha ternak ini mungkin banyak yang gak menduganya. Siapa sangka bahwa cacing pun bisa diternakkan? Nyatanya kebutuhan akan cacing memang meningkat. Apalagi di daerah urban.

Cacing dicari untuk pakan burung hingga ikan. Para pemancing umumnya juga membutuhkan hewan ini sebagai umpan mereka. Bahkan beberapa tukang obat pun mencari cacing sebagai bahan penyembuh maag.

Modal usaha cacing sendiri jelas tidak besar. Anakannya bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis bila Anda tinggal di pedesaan. Anda tinggal mencari jenis cacing yang banyak dicari. Setelah itu, Anda tinggal meletakkannya di tempat yang berlumpur sambil memberikan pakan secara rutin.

9. Ikan Hias

Populernya ikan cupang beberapa waktu terakhir membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan tersebut. Dan ya, secara umum, meski ada yang harganya teramat mahal, namun banyak juga ikan cupang yang cukup terjangkau.

Selain cupang, Anda juga bisa membudidayakan ikan manfish, molly, lemon, hingga discuss. Per satu ikan tersebut bisa Anda peroleh mulai dari Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,- saja. Perawatannya juga cukup standar meski Anda harus telaten.

Atas alasan-alasan itulah ternak ikan hias tergolong sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil.

10. Kroto

Kroto merupakan salah satu hasil ternak yang peminatnya tak pernah sepi. Sebab serangga ini banyak dicari para penghobi burung. Selama ini, mereka mendapatkan kroto dari orang-orang yang secara khusus mencari kroto dari satu pohon ke pohon lainnya.

Coba bayangkan, bila Anda tak menerapkan metode itu, namun membudidayakan serangga ini. Anda bisa menjualnya dalam jumlah besar untuk supply ke berbagai toko pakan ternak. Keuntungan yang bisa Anda nikmati pun jauh dari kata sedikit.

11. Jangkrik

Dulu, jangkrik mungkin hanya dikenal sebagai serangga yang suka menimbulkan bunyi-bunyian menjelang malam. Namun saat ini, jangkrik bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan.

Pasalnya, jangkrik sebagaimana kroto bisa dijadikan pakan burung. Serangga ini pun bisa dijadikan umpan para pemancing.

Jangkrik juga merupakan sumber protein yang sangat kaya. Tak mengherankan, di beberapa daerah jangkrik dijadikan makanan penduduk lokal.

Bila Anda tinggal di daerah-daerah tersebut, supply jangkrik yang teratur tentu diperlukan untuk mendukung penjualan mereka. Jadi, jangan ragu bila Anda memang berminat membudidayakan jangkrik.

Catatan Akhir

Banyak pengusaha yang cukup beruntung karena dilahirkan dari keluarga kaya. Mereka dengan mudah mendapatkan dukungan modal dari orangtuanya. Namun kita yang harus memulai segalanya sendiri jangan lantas berkecil hati.

Kita bisa lho memulai usaha sendiri dalam skala kecil-kecilan. Misalnya saja dengan menerapkan 1 dari 11 usaha ternak yang menjanjikan di atas. Asalkan kita pandai menerapkan strategi yang tepat, maka sedikit-sedikit, usaha kita pasti akan semakin besar. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *