Kepala SMA Kemurnian II Jakarta: Semangat Kebangsaan Indonesia Harus Terus Ditanamkan dalam Memori Generasi Muda

by -226 Views
Foto: Kepala SMA Kemurnian II (Ibu Annisa Juliani) bersama para siswa saat pelaksanaan kegiatan perlombaan menyongsong HUT RI ke-79 di sekolah.

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Kepala SMA Kemurnian II Jakarta menyampaikan pesan inspiratif pada kesempatan kegiatan perlombaan menyongsong HUT RI ke 79 di sekolah.

Serangkaian kegiatan lomba ini dilaksanakan pada Rabu, 14 Agustus 2024 dengan partisipasi penuh dari seluruh siswa sekolah.

Berbagai jenis perlombaan, baik tradisional maupun modern, digelar untuk menambah semarak peringatan kemerdekaan RI ke -79.

Perlombaan yang diadakan meliputi futsal gandengan, tarik tambang, balap karung, kerupuk melempem, dekor kelas, estafet pecahkan balon, peras kanebo, MPO Jeru, hingga kuliner nusantara.

Setiap lomba diikuti dengan antusiasme yang tinggi oleh para siswa. Adapun tak ketinggalan terdapat partisipasi dari guru-guru SMA dalam keseruan kali ini.

Keseruan lomba di SMA Kemurnia II tidak hanya menampilkan semanagat, bakat dan kreativitas para siswa, tetapi juga memperlihatkan jiwa nasionalisme yang kuat. 

Kepala SMA Kemurnian II, Ibu Annisa Juliani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda.

“Kami percaya bahwa kegiatan seperti ini penting untuk memupuk semangat nasionalisme dan kebersamaan di kalangan siswa. Melalui perlombaan yang menyenangkan siswa dapat belajar menghargai perjuangan para pahlawan dan mengembangkan rasa cinta tanah air. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat persatuan dan solidaritas di antara siswa serta mampu menumbuhkan kreatifitas siswa.” ujar Ibu Annisa.

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu adalah lomba tarik tambang antara siswa dan guru-guru. 

Lomba ini mendapat respon yang luar biasa dari para siswa yang dengan penuh semangat menunjukkan kemampuan mereka. Perlombaan tarik tambang akhirnya dimenangkan oleh guru-guru. Namun demikian, ini mencerminkan nuansa kebersamaan, kekeluargaan dan keakraban antara siswa dan guru-guru di SMA Kemurnian II Jakarta Barat.

Tidak kalah menarik, lomba-lomba tradisional seperti balap karung, krupuk melempem, peras kanebo dan lainnya juga menyita perhatian.

Antusiame Siswa SMA Kemurnian II Selama Kegiatan Lomba

Para siswa, yang sebagian besar baru pertama kali mengikuti lomba-lomba ini, merasakan keseruan dan tantangan yang berbeda.

Kegiatan perlombaan dalam rangka  memeriahkan HUT RI ke-79 ini menjadi ajang untuk mempererat hubungan antarsiswa.

Fian siswa kelas X (Fase E) mengungkapkan rasa bangga dan senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini.

“Lomba-lomba yang diselenggarakan hari ini memberikan kami kesempatan untuk mengekspresikan rasa nasionalisme dengan cara yang unik. Yeahh, meski ada perbedaan zaman dulu dan sekarang. Tapi seru sekali bisa bermain dan bersenang-senang serta berkreasi bersama teman-teman. Dengan melihat kerja sama kami semua, bergembira bersama  tentu ini sangat menginspirasi.” ujar Fian dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kenji siswa kelas X (Fase E) yang juga teman dari Fian juga turut   merasa bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga pelajaran berharga tentang kerja sama dan kekompakan.

“Ini pengalaman pertama saya mengikuti lomba-lomba tujuh belasan (17-an) di SMA Kemurnia II. Ternyata seru sekali. Kita semua bekerja sama, saling mendukung, dan benar-benar merasakan semangat persatuan.” kata Kenji dengan senyum.

Kegiatan lomba-lomba ini yang terpenting adalah semua peserta pulang dengan membawa pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan dalam menyonsong HUT RI yang ke-79.

Pesan Inspiratif untuk Semangat Kebangsaan Indonesia bagi Generasi Muda

Kepala Sekolah Ibu Annisa dalam obrolan bersama tim media di lokasi kegiatan menutup perbincangan dengan pesan yang inspiratif.

“Semoga semangat dan nuansa gembira hari ini yang telah kita tunjukkanbersama para  siswa bisa terus tertanam dalam memori anak-anak. Nilai kebangsaan Indonesia untuk kita smua. Terutama kita semua harus terus menjaga persatuan bangsa Indonesia serta selalu bangga menjadi bagian dari tanah air tercinta Indonesia.” katanya.

Melalui kegiatan ini, SMA Kemurnian tidak hanya merayakan hari kemerdekaan dengan penuh suka cita, tetapi juga berhasil menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebersamaan pada seluruh siswanya.

Dengan semangat yang tinggi, SMA Kemurnian berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan positif.

Kegiatan-kegiatan yang dapat membangun karakter dan kecintaan terhadap tanah air di kalangan generasi muda. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *