Makanan Yang Pantang di Makan Oleh Orang Yang Memiliki Penyakit Gula 

by -225 Views
Ilustrasi apa pantangan makanan penyakit gula?(Shutterstock/Umpaporn)

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Anda yang memiliki penyakit gula atau diabetes? Jika iya, maka anda perlu memperhatikan asupan makanan atau minuman agar kadar gula darah tidak naik. Lalu, apa pantangan makanan penyakit gula?

Ternyata, Anda yang memiliki penyakit gula diimbau untuk membatasi makanan yang tinggi garam, berpemanis, dan memiliki kandungan lemak jenuh.

Untuk lebih jelasnya, ketahui makanan pantangan diabetes berikut ini. Apa pantangan makanan penyakit gula?

Membatasi konsumsi makanan dan melakukan pola hidup sehat umumnya dapat membantu anda untuk mengelola penyakit diabetes yang dialami.

Disadur dari WebMD dan Medical News Today, berikut adalah beberapa pantangan makanan penyakit gula yang perlu diketahui.

Makanan Berkarbohidrat olahan

Karbohidrat olahan sering ditemui dimana saja. Anda bisa dapatkan di berbagai toko yang sering menjual karohodrat olahan seperti roti tawar dan nasi putih dan sebagainya.

Semua makanan tersebut dapat membuat tubuh lebih cepat menyerapnya dan mengubahnya menjadi glukosa. Selain itu, membuat kadar gula darah meningkat, konsumsi karbohidrat olahan juga dapat membuat Anda merasa lebih cepat lapar meskipun sudah makan.

Makanan berpemanis

Adapun berbagai makanan berpemanis kerap memiliki kandungan nutrisi yang lebih sedikit. Selain itu makanan berpemanis bahkan tidak ada sama sekali sehingga dapat memicu peningkatan kadar gula darah.

Banyak makanan yang dijual secara bebas memiliki pemanis tambahan sehingga Anda perlu memperhatikan label yang tertera pada kemasan.

Daging olahan atau berlemak Musuh Penyakit Gula

Konsumsi daging sebesar 50 gram setiap hari bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 11 persen.

Anda yang memiliki diabetes perlu menghindari atau membatasi konsumsi daging olahan atau berminyak.

Sebut saja seperti daging ayam dengan kulitnya, daging yang digoreng, dan bagian daging yang berlemak.

Lemak jenuh

Konsumsi lemak jenuh per hari harus dibatasi, atau kurang dari 10 persen kalori harian.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, yakni mentega, makanan cepat saji, dan beberapa jenis minyak.

Lemak trans

Hidrogenasi adalah proses untuk mengubah minyak cair menjadi padat sehingga menghasilkan lemak trans yang tidak lebih sehat dibandingkan dengan lemak jenuh.

Anda diimbau untuk menghindari jenis makanan dengan kandungan lemak trans sehingga perlu membaca label di dalam kemasan dengan lebih teliti. ***


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *