Kunci Sukses Steve Jobs Pendiri Apple

by -259 Views
Foto: The Guardian

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Steve Jobs adalah sosok utama di balik kelahiran perusahaan Apple yang mendunia saat ini. Ia juga merupakan seorang pionir dalam dunia revolusi komputer, serta sukses menciptakan produk-produk berawalan “i” lainnya. Sprti dari Apple: iPod, iPad, iTunes, dan iMac.

Bagi banyak orang, Steve Jobs merupakan sosok panutan yang perjalanan hidup dan karirnya layak disimak dan diambil hikmahnya.

Ada beberapa sifat yang menjadi kunci sukses Steve Jobs dan patut dijadikan pelajaran dan contoh yang baik untuk anda.

Dengan mempelajari sifat-sifat Steve Jobs yang mendukung kesuksesannya ini, Sobat yang berniat mendirikan usaha atau membangun bisnis sendiri, mungkin akan lebih termotivasi.

Berikut beberapa sifat yang menjadi kunci sukses Steve Jobs:

Lakukan Apa yang Disukai

Jobs pernah berkata, “Orang-orang dengan semangat bisa mengubah dunia jadi lebih baik.”

Nasihatnya kepada siapapun yang ingin menjadi entrepreneur pun adalah, “Saya akan cari pekerjaan sebagai pelayan atau apapun, sampai saya menemukan apa yang sebenarnya saya benar-benar sukai.”

Bagi Jobs, semangat karena melakukan apa yang ia sukai adalah segalanya, dan ia sukses membuktikannya.

Buat Perubahan

Salah satu faktor kunci lain yang mendukung kesuksesan Steve Jobs adalah keinginannya untuk selalu membuat perubahan.

Steve Jobs memiliki gagasan-gagasan baru yang diyakininya akan mengubah dunia.

Kepercayaan dan keyakinan diri terhadap visi inilah yang lantas mendukungnya hingga berhasil mendirikan Apple.

Nikmati Banyak Pengalaman

Menurut Jobs, orang-orang dengan pengalaman hidup yang luas sering bisa melihat hal-hal yang orang lain lewatkan.

Jangan hidup di dalam “gelembung” Sobat sendiri, dan nikmati berbagai pengalaman hidup untuk menghubungkan ide-ide dari banyak aspek.

Untuk itu, jangan takut mencoba hal-hal baru, pergi ke tempat baru dan bertemu orang baru untuk memperkaya pengalaman Sobat sekaligus terus belajar hal baru.

Berani Berkata Tidak

Hal lain yang dibanggakan Steve Jobs adalah kekuatan untuk berkata ‘tidak’ dan mengambil keputusan yang tidak terprediksi.

Ketika ia kembali lagi ke Apple di tahun 1997, Jobs sukses menekan jumlah produk yang awalnya ada 350 menjadi hanya 10 dalam dua tahun saja.

Keputusan itu ia lakukan agar Jobs bisa menempatkan tim terbaik untuk masing-masing produk.

Dengan begitu, setiap karyawan dan perusahaan secara keseluruhan pun bisa fokus pada produk yang benar-benar penting.

Ciptakan Pengalaman Produk yang Unik

Inovasi lain yang juga diciptakan Steve Jobs berkaitan dengan pengalaman layanan pelanggan, yang diwujudkan dengan lahirnya Apple Stores pertama tahun 2001.

Menurutnya, konsep Apple Stores yang masih sangat langka pada masa tersebut akan memberikan pengalaman yang memperkaya pelanggan.

Semua yang dapat dinikmati di dalam Apple Stores memang didesain untuk memperkaya hidup serta menciptakan hubungan emosional antara konsumen dengan merk Apple.

Dengan begitu, produk Apple pun jadi bagian dari kehidupan pelanggan, dan bukan sekadar barang yang bisa langsung digantikan kalau sudah bosan.

Keahlian Komunikasi

Punya ide hebat rasanya jadi sia-sia kalau Sobat tidak bisa menyampaikannya.

Di sinilah Sobat perlu mengasah dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, termasuk dengan karyawan, pelanggan, atau rekan kerja di kantor.

Contohnya bisa Sobat lihat dari cara Steve Jobs menyampaikan presentasi; bukannya hanya menyampaikan isi, ia juga memberikan informasi, mendidik, menginspirasi, dan menghibur para pendengarnya.

Tawarkan Nilai, Bukan Sekadar Produk

Formulasi produk Apple yang inovatif, unik dan memberikan pengalaman yang membekas pada pelanggan membuat pengguna Apple menjadi sangat loyal.

Hal ini karena Jobs berhasil menjual ‘nilai’ melalui produknya, bukan hanya sebatas kegunaan yang bisa digantikan produk serupa.

Keberhasilan Apple membentuk brand value atau nilai produk inilah yang membuat semua produk Apple meraih kesuksesan.

Sobat bisa menerapkan semua nilai penting dari ketujuh kunci sukses Steve Jobs di atas, bahkan jika Sobat memulai bisnis dengan modal minim sekalipun.

Ingat bahwa ada banyak jalan menuju Roma, dan memperkaya pengalaman akan memberikan manfaat untuk Sobat di masa depan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *