Pernikahan Kaesang-Erina Dilakukan di Sabtu Kliwon, Apa Maknanya Menurut Kalender Jawa

by -303 Views
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Foto: Instagram @erinagudono

SOLO,RATIMNEWS.COM  – Kaesang Pangarep akan melangsungkan pernikahan dengan Erina Sofia Gudono. Pernikahan itu akan digelar pada hari sabtu kliwon. mungkin anda bertanya kenapa memilih di hari tersebut?

Upacara akad nikah rencananya akan diselenggarakan di Royal Ambarrukmo, Sleman, pada Sabtu (10/12/2022). Berdasarkan kalender Jawa, akad nikah itu berlangsung pada Sabtu Kliwon.

Lantas, bagaimana perwatakan Sabtu Kliwon dalam penghitungan kalender Jawa? Berikut ini penjelasan mengenai makna sabtu kliwon menurut kalender Jawa yang mungkin memberi pencerahan bagi anda.

Menurut ahli kalender Jawa dari Museum Radya Pustaka Solo, Ki Totok Yasmiran, Sabtu Kliwon memiliki pangarasan berupa lakuning bumi.

“Artinya pemurah, suka memberi, dan melindungi,” kata Ki Totok Yasmiran, Rabu (7/12/2022).

Sebagai catatan, pangarasan merupakan pengelompokan sifat manusia yang didasarkan pada saptawara (hari yang berjumlah tujuh) dan pancawara (pasaran).

Sedangkan pancasuda weton ini adalah tunggak semi. Totok mengibaratkannya seperti pohon yang ditebang tetapi daunnya tumbuh lagi.

“Rezeki selalu lumintu atau ada terus. Penghasilan maupun pekerjaan biasanya selalu lancar,” kata dia menjelaskan.

Adapun hari tersebut menurutnya merupakan hari yang baik dalam penghitungan kalender Jawa.

Menurutnya, pernikahan pada Sabtu Kliwon memiliki sifat sanggar waringin yang berarti saling melindungi.

Selain itu, hari tersebut juga memiliki sifat sabarang karep oleh yang berarti segala keinginannya akan terpenuhi.

“Rakam pernikahan Sabtu Kliwon juga bersifat pamindhahan dunya yang berarti jika menginginkan hal duniawi sangat mudah (terpenuhi).” katanya.

Itulah penjelasan tentang makna sabtu kliwon menurut klender Jawa. Hari yang ditentukan oleh Kaesang dan Erina di hari pernikahan mereka di sabtu kliwon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *