Waketum PPP: Ada Isu Berkembang di Internal PPP Soal Sandiaga Uno

by -273 Views
Foto: sosok cawapres yang digadang-gadang Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Cirebon, Jawa Barat (Dok. Tim Sandiaga)

JAKARTA, RATIMNEWS.COM – Isu Sandiaga Uno tidak jadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo mencuat dan membuat gempar PPP. Isu ini awalnya mencuat dari Waketum PPP Arsul Sani yang mengungkap ada pembicaraan berkembang di internal soal ketidakpastian Sandiaga Uno menjadi bacawapresnya Ganjar Pranowo.

Waketum PPP Ungkap Isu Soal Sandiaga Uno

Menurutnya, isu tersebut berkembang karena internal partai mendengar informasi Sandiaga tak dipilih menjadi cawapres Ganjar.

“Itu justru sedang berkembang sekarang ini di internal. Itu diskursus, kalau ternyata pak Sandi Uno itu tidak dipilih sebagai cawapres. Lalu bagaimana sikap PPP itu, gitu, lho. Itu memang berkembang sekarang. Saya harus akui itu berkembang. Kenapa kok itu berkembang, karena kan juga tahu bahwa di PPP itu jujur saja. Yang mendukung Mas Ganjar banyak, yang mendukung Mas Anies juga lumayan banyak, yang mendukung Pak Prabowo juga lumayan banyak.” kata Arsul kepada wartawan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/8).

Arsul lalu menyebut internalnya memang telah mendengar soal isu bahwa Sandiaga tak dipilih menjadi cawapres Ganjar. Dengan demikian, muncullah isu yang berkembang itu.

“Muncul seperti itu kan pasti, kan teman-teman di PPP juga mendengar ada  kemungkinan pak Sandi juga tidak dipilih. Kan begitu, pasti lah,” ujar dia.

Arsul menekankan komunikasi PPP dengan PDIP berjalan baik sejauh ini. Dia juga berkelakar dengan membandingkan sikap PPP dengan partai lain yang awalnya mendukung Ganjar.

“Hubungan kita dengan PDIP baik sekali dan selama ini komunikasinya juga baik, dan kami barangkali ya juga terhormat.

Buktinya waktu Pak Ganjar sama relawan itu kan kita juga diundang itu. Partai kita PPP beda lah dengan PSI,” katanya seraya bergurau.

Jubir PPP Sayangkan Isu Cawapres Ganjar Pranowo


PPP menyayangkan munculnya isu tersebut. PPP mengatakan para pengurus partai harusnya tegak lurus terhadap Plt Ketum Mardiono.

“Seluruh pimpinan wilayah menyatakan taat dan patuh serta tegak lurus dengan Plt Ketum. Dan juga, kita tetap komitmen memperjuangkan keputusan Rapimnas. Selanjutnya kita meminta kepada Plt. Ketua Umum untuk mengambil langkah-langkah strategis agar tidak ada lagi pengurus partai mulai dari tingkat pusat hingga DPC memberikan pernyataan-pernyataan yang bertentangan dengan kebijakan partai.” kata Jubir PPP Usman Tokan kepada wartawan, Rabu (9/8).

Usman mengatakan kemunculan isu ‘jika Sandiaga tak cawapres’ disampaikan oleh kader sebagai individu, bukan mewakili partai.

Menurutnya, setiap pengurus harus memahami mekanisme partai.

“Beliau seharusnya memahami betul mekanisme yang ada di tubuh Partai Persatuan Pembangunan. Beliau adalah pakarnya hukum kok bisa bicara sudah melampaui kewenangannya melebihi AD/ART, seharusnya beliau tawadhu’. Atau karena memang beliau tidak mengikuti perkembangan yang ada di internal partai? Memang selama ini beliau tidak pernah hadir dalam rapat PH DPP, sebaiknya beliau segera tabayun.” ujar Usman.

Usman mengatakan PPP terus melaksanakan hasil Rapimnas yang mendukung Ganjar Pranowo dan mengusulkan Sandiaga sebagai cawapres Ganjar.

PPP, kata Usman, juga telah memandatkan urusan itu kepada Plt Ketum PPP Mardiono untuk berkomunikasi dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Sampai saat ini PPP tetap konsisten dan berkomitmen untuk melaksanakan amanat konstitusi partai yaitu Rapimnas yang memutuskan Mas Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden RI dan Rapimnas berikutnya menetapkan Pak Sandiaga Salahudin Uno selaku kader partai sebagai Cawapres mendampingi Mas Ganjar dan memberikan kepercayaan penuh kepada Plt Ketua Umum untuk memperjuangkan serta melakukan komunikasi dengan PDI Perjuangan khususnya kepada Ibu Megawati,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *