Kekayaan Fantastis Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang Tersangkut Kasus Korupsi

by -240 Views
Wali Kota Bandung Yana Mulyana (berbaju putih) dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan (batik hitam). Foto: Sudirman Wamad/detikJabar

JAKARTA,RATIMNEWS.COM – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjadi perbincangan publik usai ditangkap KPK atas kasus dugaan korupsi dan suap, Jumat (14/4) kemarin. Setelah penangkapan tersebut, banyak pihak yang kemudian penasaran dan mengulik harta kekayaan sang wali kota .
Dikutip dari laman LHKPN KPK, Jumat (7/4), Yana Mulyana terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 16 Januari 2023 lalu. Dia diketahui memiliki harta Rp 8,55 miliar tanpa tanggungan hutang.

Yana lebih banyak menggunakan total kekayaannya tersebut untuk keperluan tanah dan bangunan . Meski asetnya di sektor tersebut hanya satu, namun nilainya ditaksir mencapai Rp 5 miliar.

Untuk kendaraan pribadi, Yana Mulyana agaknya tipikal orang yang tak suka mengoleksi banyak unit di garasi rumahnya. Menurut laporan yang sama, dia ‘hanya’ memiliki satu unit mobil dan satu unit motor.

Meski cuma dua, namun nilainya tak bisa dibilang kecil. Dia punya Mitsubishi Sport Dakar lansiran 2019 yang konon bernilai Rp 490 juta. Selain itu ada Harley-Davidson Fatboy keluaran 2013 yang disebut-sebut bernilai Rp 350 juta.

Itu tandanya, dia menghabiskan dana Rp 890 juta untuk keperluan kendaraan pribadi. Sementara harta lainnya berupa kas dan setara kas yang ditaksir memiliki nilai Rp 2,67 miliar dan harta bergerak lain yang bernilai Rp 40 juta.

Diketahui, Yana Mulyana ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama sejumlah orang terdekatnya. Penangkapan dilakukan diduga terkait kasus suap pengadaan barang dan Jasa. Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, pihaknya akan lebih dulu mengambil keterangan para pihak.
“(Penangkapan Yana Mulyana) diduga terkait suap menyuap pengadaan barang dan jasa di wilayah Kota Bandung. Kami segera lakukan permintaan keterangan lebih dahulu kepada para pihak yang ditangkap,” kata Fikri. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *